...

Jumat, 30 September 2016

Rekrutmen Great People Trainee Program (GPTP) VI Telkomsel


SEMANGAT PAGI.


Semangat yang tak pernah padam walaupun sudah larut malam, itulah semangat yang ditunjukkan oleh para peserta calon karyawan Telkomsel melalui jalur GPTP VI Telkomsel tahun ini. Tahun ini adalah tahun terselenggaranya proses rekruitmen GPTP VI Telkomsel yang berlangsung sejak penutupan sesi administrasi tanggal 31 Juni 2016, berikut detailnya:

No
Events
Date
1
Final Documents Submission and Registration
31 June 2016
2
Psichology Assessment
19 - 21 July 2016
3
HR (Human Resource) Interview
21 - 29 July 2016
4
SME (Subject Matter Experience) Interview
1 - 10 August 2016
5
Health Test
13 August 2016
6
Data Verification
23 – 25 August 2016
7
Announcement by Web and Email
26 August 2016
8
Contract Signature
30 August 2016

Timeline diatas muncul berdasarkan timeline yang diberikan oleh panitia rekrutmen dan juga pengalaman saat mengikuti proses rekrutmennya.

Berawal dari tes psikotes di kampus Universitas Telkom, Bandung, niat dan tekad untuk dapat mengikuti seleksi rekrutmen calon pegawai PT. Telkomsel yang katanya sangat bonafit sebagai perusahaan yang bergerak di bidang ICT, khususnya telco/operator. FYI, seleksi prikotes tidak hanya dilaksanakan di kampus Universitas Telkom saja, tapi ada juga di ITB, UI, Surabaya, Makassar, Yogya, Lampung, Palembang, dan kota-kota lainnya. Proses rekrutmen ini adalah tahapan gugur, jadi bagi siapa yang sudah gugur dari salah satu tahap, maka dia tidak akan mendapatkan email konfirmasi untuk dapat melanjutkan ke tahapan selanjutnya.

1.      Psikotes

Jumlah peserta pada tes ini adalah 2000 peserta dari total 14000 pelamar. Pada saat tes psikotes ada beberapa model tes yang diujikan, antara lain:
1.      Tes IQ
Tes ini terdiri dari 4 sesi, setiap sesi tidak diberitahukan berapa waktu pengerjaannya, hanya ada komando dari panitia kapan waktu untuk mulai dan berhenti mengerjakan soalnya. Setiap selesai satu sesi maka diberikan waktu sejenak sebelum melanjutkan ke sesi berikutnya. Yang ingin dicapai dari hasil tes ini sepertinya adalah logika kita, bagaimana kita menyelesaikan persoalan dengan logika kita masing-masing, karena tentunya setiap orang pasti memiliki jawaban yang berbeda-beda. Seingat saya ada salah satu sesi tentang memilih kata dan melanjutkan gambar.
2.      Tes Pauli
Tes ini adalah tes yang sangat melelahkan, butuh konsentrasi penuh dan tenaga yang fit. Harap dapat mempersiapkan kondisi badan yang fit dan sudah sarapan pagi. Seperti tes Pauli pada umumnya, tes ini dengan cara menjumlahkan 2 baris yang berdekatan atas-bawah dan menuliskan bilangan terakhirnya di samping kanan baris tersebut. Tes ini melatih konsistensi kita, jangan terlalu cepat di awal tapi semakin lama semakin lambat. Cobalah untuk mengatur ritme yang pas sesuai kemampuan masing-masing.
3.      Tes Kepribadian
Tes ini bertujuan ingin menggali seperti apa diri kita sebenarnya, apakah kita seorang pekerja keras atau tidak, dan banyak aspek-aspek lainnya. Pada tes ini jadilah diri sendiri, seperti apa diri kamu saat ini, bukan ingin menjadi seperti apa diri kamu kedepannya, jawablah dengan jujur dan tidak mengada-ada.
4.      Mengisi CV
Selain 3 tes di atas, maka tahap terakhir adalah pengisian CV seperti identitas diri, pengalaman bekerja, riwayat kesehatan, riwayat pendidikan, hobi, identias orang tua, riwayat organisasi, dan prestasi-prestasi yang pernah dicapai.
Jadi kunci yang harus dipersiapkan dalam menghadapi psikotes ini adalah badan yang fit, sarapan pagi alangkah lebih baik, dan konsentrasi serta ritme yang dijaga dengan baik. Tes ini memerlukan waktu setidaknya 3 jam. Perlengkapan yang harus dipersiapkan adalah pensil 2B (wajib), pulpen, penghapus, alas/papan ujian, dan tipe-x.

2.      HR Interview

Tidak diberitahukan berapa jumlah peserta yang lolos sampai dengan tahap ini, sepertinya sekitar 50% dari total jumlah peserta psikotes. Interview HR saya berlangsung di Gedung TSO (Telkomsel Smart Office) Jakarta Selatan, ada juga lokasi-lokasi lain yang digunakan untuk proses interview ini.

Disini kamu harus berlatih, apakah itu berlatih suasana wawancara bersama teman, orang tua, atau sadara. Coba latih sebanyak mungkin sampai kamu merasa sudah tidak grogi lagi dan bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan dengan baik. Tips dalam wawancara HR adalah jangan gugup, jangan terlalu cepat/gegabah dalam menjawab pertanyaan, gunakan bahasa yang sopan,           selalu tersenyum dan sesekali bercanda tidak apa-apa agar tidak dinilai sebagai pribadi yang kaku, berikan jabat tangan saat awal masuk ruangan, ucapkan salam, dan tutup dengan ucapan terimakasih kepada interviewer.

3.      SME Interview

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya dimana interview HR dan User digabungkan, pada rekrutmen GPTP VI kali ini dibuat terpisah. Pada interview SME sebenarnya hampir sama dengan interview HR, hal pertama yang diminta adalah perkenalan diri in english, selanjutnya ada juga “pertanyaan iseng” dimana kita diminta untuk mencari nama karyawan A di suatu ruangan dan diminta untuk bertanya identitas karyawan A tersebut selengkap-lengkapnya dan menjelaskannya kembali kepada interviewer.
Saya pribadi diinterview oleh VP ICT Jabotabek- berlokasi di gedung Telkomsel BSD, Tangerang. Waktu interview sekitar 30 menit per orangnya. Yang harus dipersiapkan sebelum interview user adalah kuasai beberapa materi kuliah sesuai dengan jurusan Anda, baca kembali skripsi saat kuliah, persiapkan apa saja yang ingin dijelaskan kepada interviewer jika ditanyakan mengenai bidang pekerjaan sebelumnya. Inti dari interview ini adalah ingin mengetahui sisi technical kita.

4.      Tes Kesehatan

Untuk yang sudah lolos sampai dengan tahap ini, maka kamu bisa berbahagia, tapi tidak seluruhnya yang lolos sampai tahap MCU selalu lolos sampai tahap akhir karena penentunya adalah kesehatan kita. Malam hari sebelum tes MCU sebaiknya kamu jangan merokok (untuk perokok), makan daging dan makanan-makanan lain yang berkolesterol, cobalah untuk mengkonsumsi ‘susu beruang’ dan vitamin C.

5.      Data Verification

Pada tahap ini kita diminta untuk mengisi google form pada link yang sudah dikirimkan melalui email oleh team GPTP Recruitment. Form tersebut berisikan identitas diri kita. Tidak ada yang perlu dipersiapkan untuk tahapan ini, kita hanya perlu mengisi form dengan lengkap.

Sekian tahapan-tahapan proses rekrutmen GPTP Telkomsel yang dapat saya ceritakan, semoga Anda berhasil. Jangan lupa persiapkan segalanya dengan baik, karena Telkomsel hanya mencari bibit-bibit unggul.
Jangan berorientasi pada apa yang bisa Telkomsel berikan kepada kita, tapi apa yang bisa kita berikan untuk Telkomsel, karena gaji, tunjangan, dan bonus-bonus lainnya akan mengikuti sesuai dengan kinerja kita selama bekerja di Telkomsel nantinya.




#Tsel6reatExplorer #GPTPVI #LivingInTelkomsel #Telkomsel 

1 komentar :

avatar

Artikel yang sangat bermanfaat *thumbsup*
Email: benazir.imam.a.m@ittelkom-sby.ac.id
Website: ittelkom-sby.ac.id