...

Selasa, 27 Mei 2014

Teknologi GEPON

GEPON yang merupakan akronim dari Gigabit Ethernet Passive Optical Network adalah teknik akses fiber optik kecepatan tinggi dengan bitrate mencapai 1Gbps yang telah distandardisasi oleh IEEE 802.3 AH. Teknologi GEPON ini biasanya digunakan untuk akses fiber FTTH (Fiber To The Home). Disebut dengan jaringan pasif karena jaringan terdistribusinya tidak menggunakan regenerasi sinyal elektrik, melainkan sinyal cahaya.

Teknologi GEPON sangat menguntungkan karena biaya operasi dan perawatan jaringan fiber akan lebih murah daripada jaringan tembaga, alasannya adalah karena kapasitas transmisi fiber optik lebih besar sehingga hanya sedikit saja perangkat yang diperlukan dalam arsitekturnya dan alhasil akan lebih sedikit kemungkinan kegagalan pengiriman informasi pada jaringan.
Standard GEPON menurut IEEE 802.3AH

·         Jarak maksimum untuk 20 km
·         Rasio splitting maksimal adalah 32
·         Panjang gelombang : Uplink : 1260-1360 nm
   Donwlink : 1480-1580 nm
·         Atenuasi yang diizinkan (1310 nm) : jarak 10km = 5-20dB, jarak 20km = 10-24 dB
·         Atenuasi yang diizinkan (1550nm) : jarak 10km = 5-19.5 dB, jarak 20km = 10-23.5 dB


Arsitektur GEPON :
  • a)      OLT (Optical Line Terminal)
Berupa device yang berada di kantor pusat (central office) operator jaringan telekomunikasi. OLT dihubungkan ke ONU melalui PON seperti splitter, kabel fiber, dll.
Fungsi utamanya adalah untuk kontrol informasi dua arah (uplink dan downlink) yang akan dilewatkan pada ODN (Optical Distribution Network). OLT membutuhkan daya yang besar karena bertugas untuk mengirimkan sinyal optik.
  • b)      PON (Passive Optical Spliiter)
Sebagai media penghubung antara OLT dan ONU. Fungsinya adalah untuk mentransmisikan sinyal input optik downlink point to multipoint, sedangkan untuk arah uplink adalah multipexing point to point kanal-kanal menuju satu serat optik. Sebuah PON Splitter dapat melayani sebanyak 32 pelanggan. PON memiliki kemampuan untuk transmit data dengan bandwidth yang tinggi serta jarak yang jauh.
  • c)       ONU (Optical Network Unit) atau ONT (Optical Network Terminal)
Perangkat ONU fungsinya adalah untuk mengubah sinyal optik menjadi elektrik yang merupakan titik terminasi (batas) antara jaringan optik dengan jaringan elektrik. Hal tersebut sama halnya dengan ONT.

Nb : Perbedaan ONU dan ONT
Dalam penerapannya, ONU masih membutuhkan perangkat NT (network terminal) pada sisi pelanggan dan biasanya terletak di luar rumah, sedangkan ONT bisa langsung terhubung dengan perangkat pengguna dan terletak di sisi premises pelanggan.
Panjang gelombang cahaya yang digunakan perangkat antara OLT dan ONT antara lain :
1310nm untuk transmit data/voice
1490nm untuk receive data/voice, dan
1550nm untuk receive video.


4 komentar

avatar
Meutia Qoonita Delete Reply

Kak Amri, tanyaaaaa, kalo ini sumbernya dari mana yaaa? Makasih :)

avatar

Ini aku merangkum dari beberapa sumber yang udah aku baca Meut :)