...

Kamis, 01 Mei 2014

Definisi dan Konsep Seluler

Seluler adalah suatu sistem  komunikasi yang dapat memberikan layanan telekomunikasi baik data, voice, maupun video dimana akses pelanggannya dapat dilakukan dalam keadaan bergerak. Dengan adanya konsep seluler ini maka pengguna dapat melakukan hubungan komunikasi dengan pengguna lain tanpa harus bergantung pada media fisik (contoh : kabel) yang dapat membatasi kegiatan mobilitas.
Seluler sendiri terbentuk dari kata ‘cell’ yang berarti beberapa wilayah cakupan (sel) kecil-kecil. Dengan adanya pembagian sel itu tadi maka pengguna dapat melakukan komunikasi tanpa khawatir terjadi suatu pemutusan saat melakukan hubungan komunikasi itu sendiri. Pembagian wilayah dalam beberapa sel disebut juga cluster, dalam sistem komunikasi seluler cluster tersebut ada beberapa macam diantaranya 4, 7, dan 12 sel dalam cluster.



Teknologi seluler yang berkembang saat ini memiliki beberapa karakter, antara lain:
           (1) Transmisi tanpa lewat kabel melainkan dengan gelombang radio. Transmisi sinyal seluler dapat berupa hubungan antar BTS ke MSC atau lewat satelit secara berkala bergantung pada jarak antar penggunanya.
(2)  Terdapat sistem kompresi digital untuk mempercepat proses transmisi data. Dengan adanya kompresi digital tersebut maka data dapat tersampaikan secara lebih cepat dan aman tanpa memerlukan bandwidth yang terlalu besar. Kelemahannya adalah kemungkinan data untuk crash lebih besar akibat adanya proses kompresi.
(3)   Fleksibilitas dalam pergerakan oleh pelanggan  sehingga dapat lebih bebas melakukan komunikasi tanpa dibatasi oleh jarak dan posisi, tidak seperti PSTN.
(4)   Mempercepat pelayanan karena tidak bergantung pada instalasi dan maintenance kabel.
(5)   Hubungan bermula dari Mobile Station (MS) à BTS à BSC à MSC àPSTN.
(6)   Adanya pembagian sel-sel area dalam suatu wilayah yang berkisar antara 1-12 km coverage area untuk tiap sel.
(7)   Beberapa kelemahan komunikasi seluler antara lain karena alokasi bandwidth frekuensi yang tersedia terbatas, interferensinya tinggi, serta jarak akses yang terbatas.
(8)   Komponen dasar seluler adalah sel, MSC, dan MS