...

Kamis, 01 Mei 2014

Telepon Umum Multi Koin

Telepon multi coin adalah suatu telepon yang dapat digunakan dengan memasukkan uang koin Rp100,- ,Rp200,- ,Rp500,- , atau Rp1000,-. Telepon multi koin dapat kita temukan pada tempat-tempat umum seperti mall, jalan, apotek, dan tempat-tempat keramaian yang lain. Pada perangkat ini dapat ditemukan alat pendeteksi atau sensor yang disebut dengan coin acceptor. Alat tersebut fungsinya adalah mendeteksi koin yang masuk berdasarkan kondisi fisiknya, baik itu dari segi berat, material, maupun ukuran (diameter).


Ukuran koin dapat ditentukan berdasar pada salah satu slot sensor (gambar yang ditunjuk nomor 34, 35, 36, 37) yang dilewati oleh koin, jika koin terlalu besar maka koin ditolak oleh telepon, sedangkan jika koin terlalu kecil maka koin tersebut hanya akan jatuh melewati slot tanpa pembacaan apapun.Ada juga coin acceptor yang pendeteksiannya dilakukan dengan memanfaatkan sensor logam dengan mengukur frekuensi resonansi dari detektor logam tersebut. Koin yang dimasukkan akan melewati sebuah koil pendeteksi, frekuensi keluaran osilator pendeteksian masing-masing akan berbeda tergantung jenis koinnya. 


Terdapat dua jenis coin acceptor yaitu single coin dan multi coin detector. Pada jenis single coin, sensor hanya akan mendeteksi satu jenis koin tertentu yang sudah direferensikan. Dengan membandingkan  frekuensi antara koin referensi dan koin yang dimasukkan maka dapat diputuskan apakah koin tersebut diterima atau ditolak. Pada jenis multi coin acceptor, cara kerjanya ialah dengan mengukur frekuensi sensor koin saat koin dilewatkan. Setiap jenis koin memiliki frekuensi hasil deteksi yang berbeda, nantinya jumlah pulsa keluaran sensor koin juga dibedakan untuk tiap-tiap koin. Hal inilah yang dijadikan dasar oleh perangkat telepon untuk mengenali koin dan memperhitungkan durasi lama pembicaraan

yang dapat dilakukan. Jika pembicaraan berakhir sebelum tarif mencapai nominal koin yang dimasukan, maka telepon otomatis akan mengeluarkan koin sejumlah sisa kembaliannya.

Selama percakapan berlangsung layar di telepon akan menampilkan durasi pembicaraan dan nominal rupiah yang telah di keluarkan. Biasanya layar akan berkedip  menunjukkan angka 0000 ketika pembicaraan akan segera berakhir dan pengguna harus memasukkan kembali koin untuk bisa meneruskan pembicaraan, dan jika pengguna tidak memasukkan kembali koin yang diminta maka panggilan otomatis akan diputus.