...

Minggu, 20 Maret 2016

Tel-U Berkisah di HCNA Part 2 (END)

Mungkin sudah banyak orang yang menunggu-nunggu kelanjutan dari cerita Tel-U Berkisah di HCNA Part 1 ya...
Oke disini sekarang gw mencoba untuk mengingat-ingat apa aja yang udah gw lakuin saat itu, walau itu rasanya sudah lama banget hehe...


Gw mulai ceritanya dari awal gw dijemput make sebuah bus dari kampus untuk ke Balai Pelatihan (Pustiknas) yang di Ciputat itu.

#1st Day
Hari itu, 16 Mei 2015, gw dan temen-temen gw yang lain dijemput make bus ukuran jumbo dari kampus Tel-U buat dianterin ke Pustiknas. Gw mikir saat itu, baik banget ya Huawei ini, secara kita pake dijemput segala, padahal semua ini gratis alias kita gak dipungut biaya sepeser pun. Bus nya jg bagus menurut gw, gak kayak bus ekonomi bandung-jakarta lah ya, minimal udah ber-AC biar bisa betah di dalam bus pas sampe di Bekasi ntar :) hehe.
Hari itu gw dijemput sekitar jam 2 siang dan langsung diberangkatkan rombongan bersama 40 orang yang lainnya. Oh iya, sebelum keberangkatan HCNA saat itu awalnya dipilih dulu siapa salah satu diantara peserta tiap kampus yang akan menjadi koordinator per kampus, caranya dibroadcast email dari panitia dan kalau ada yang berkenan diminta untuk reply email itu, cukup simpel sih.
Tugas koordinatornya itu gak berat-berat amat kok, yang penting bisa bantuin panitia buat ngumpulin peserta, jadi PJ keberangkatan dan kepulangan, dan PJ di beberapa acara yang diselenggarain di Pustiknas nantinya,
Intinya hari Sabtu, 16 Mei itu waktu kita cuma untuk perjalanan dari Bandung-Ciputat, ngerasain kasur, bantal, dan makanan di asrama, sama jalan-jalan sedikit ke lingkungan sekitar (biar tau daerah). Lalu sekitar jam 20.00 kita dikumpulkan di lobbi untuk ngambil jaket dan kaos polo HCNA.
Oh iya, FYI aja, karena jarak Bandung-Ciputat gak terlalu jauh jadi kita dijemput naik bus. Beda lagi sama kampus-kampus yang letaknya jauh (sebut : ITS, UGM, IT Del), mereka dijemputnya pake pesawat broo *aseli* alias mereka diterbangkan dari kota masing-masing as free.



#2nd Day
Hari Minggu, 17 Mei 2015 setelah sarapan pagi sekitar jam 8.30 para peserta udah masuk ke ruangan pelatihan masing-masing sesuai penempatannya. Mulailah belajar, membaca, menulis, dan mendengarkan materi-materi tentang wireless. Pemateri atau trainer nya dari orang Kominfo. Hari pertama sih yang dibahas masih simpel-simpel lah ya, kalau di kampus gw mirip-mirip dengan materi kuliah PTT (Pengetahuan Teknik Telekomunikasi), apa itu modulasi, encoder, multiplexing, dll.
Sekitar jam 10.00 kegiatan belajar usai, maksudnya break dulu, trus ngapain dong? ya tea time lahh haha. Kayak biasa lah ya tea time kayak gimana modelnya, ada kopi, teh, gorengan, makanan basah, dan temen-temennya. Tapi menurut gw tea time ini spesial sih, karena beda sama tea time yang biasa ada di acara seminar kampus gw, yang ini lebih mewah, dari segi makanan nya yang enak, pengajian yang rapi, dan petugasnya yang cekatan kalau ada piring-piring berserakan. Well organized lah pokoknya,
Abis tea time, jam 10.30 kita masuk kelas lagi dan belajar sampe jam 12.15.
Jam 12.15 break lagi untuk waktu ishoma (istirahat, sholat, makan) sampai jam 13.00. Dan di sela-sela 45 menit yang berharga itu, kebanyakan dari kita manfaatin buat sholat di kamar asrama sekalian tiduran, baru kalau udah kita makan siang deh haha.
Jam 13.00 balik lagi ke kelas untuk belajar sampai jam 15.00, dan jam 15.00 break lagi, untuk apa?? coba tebak!
Buat tea time lagi lah wkwkw, makan lagi, minum lagi sampe kembung. haha
15.30 kita masuk kelas sampai jam 17.00, dan acara belajarnya disudahi sampai jam 17.00 saja. Selebihnya adalah free time kita mau dipake buat apa, maen di kamar, telponan pacar, nongkrong diluar, kenalan sama anak kampus lain, nyari jodoh, bebas deh mau ngapain aja bisa.

#3rd Day
Sama aja kayak #2nd Day sih intinya mah. Maksudnya untuk rutinitas yang sama.

#4th Day
Tanggal 19 Mei 2015 sebenernya bukan waktu untuk belajar, waktu seharian itu dari panitia emang dialokasi'in buat waktu jalan-jalan. Kok jalan-jalan? maksudnya gimana tuh?
Ya, semua peserta dijalak jalan-jalan mengelilingi kota jakarta, bisa disebut vacation lah ya setidaknya.
Sekitar jam 8.00 kita berangkat dari Pustiknas dan destinasi pertama adalah Hotel Sultan Jakarta dan ternyata disana ada MoU antara beberapa kampus peserta sertifikasi HCNA dengan pihak Huawei sendiri (Baca lengkap disini). Kami para peserta bisa dibilang sebagai tamu atau saksi MoU itu berlangsung. Lumayan lah disana daripada cuma berdiam di asrama doang kan, abis itu sekitar jam 11.00 perjalanan lanjut ke Kota Tua Jakarta, disana kami dilepas baknya anak itik yang diberikan kebebasan penuh mau kemana, yang terpenting harus kembali lagi ke bus maksimal jam 17.00.






#5th Day
#6th Day
Sama aja kayak 2nd Day yang diisi dengan belajar, tea time, dan ishoma.

#7th Day
Di hari ke-7 ini sebenarnya sama saja dengan hari ke-2. Tapi malam ini adalah malam penentuan dari tes akhir yang akan dilaksanain keesokan harinya. Malemnya anak-anak pada ngumpul sesuai kampus masing-masing, mereka pada belajar dan saling bertanya tentang materi yang udah dijelasin sebelum-sebelumnya.
Emang materinya apa aja sih?? nih gw kasih gambaran sedikit, intinya sih tentang sistem wireless WCDMA (Wideband Code Division Multiplexing). Kita belajar perangkat-perangkat BTS, BSC, antena, jenis kabel, setting BTS, Kita dikasih 3 modul:

  • Modul 1 : WCDMA RAN overview, BSC 6900 and BTS 3900 Product Description
  • Modul 2 : BTS 3900 Local Commissioning, BSC 6900 Operation and Maintenance, BTS 3900 Operation and Maintenance, NodeB Troubleshooting, BTS 3900 Quick Installation Guide 
  • Modul 3 : Latihan soal

#8th Day
Ini adalah hari terakhir kita di HCNA 2015, seperti biasanya, diawali dengan sarapan dan langsung dilanjutkan dengan tes/ujian akhir yang akan menentukan hasil kelulusan dari sertifikasi kita. Kalau tidak salah waktunya sekitar 2 jam dan bentuknya pilihan ganda, in english, dan pastinya susah gak seperti yang kita perkirakan, haha.
Keluar dari ruangan kelas jam 11.00 dan muka para peserta udah pada kusut semua, gak kayak biasanya. Setelah ujian akhir ada tea time dan berikutnya langsung diminta packing barang-barang kita karena sekitar jam 14.00 bus jemputan sudah datang dan siap mengantarkan kita kembali ke Bandung.
Jam 12.30 hari itu adalah waktu makan siang terakhir di asrama Pustiknas, setelah makan siang dilanjutkan dengan acara penutupan dan pembagian sertifikat tanda participant (bukan kelulusan). Abis acara ditutup, kayak anak hits jaman sekarang, selalu diakhiri dengan foto bareng dan selfie selfie ria.



Selang sekitar satu bulan setelah acara selesai, pengumunan hasil tes pun keluar, seperti biasanya, ada yang beruntung lulus ada juga yang kurang beruntung, Dan alhamdulillah aku salah satu anggota yang beruntung, alhamdulillah :)

Dan yang bisa gw bilang, lu gak rugi ikutan acara ini! gw jamin, bukan cuma karena biaya nya yang gratis dan semua ditanggung Huawei, lu juga bisa dapet ilmu baru, banyakkk ilmu, rekan baru, pengalaman, dan lu juga bisa nambah-nambahin konten CV lu hehe :)


~ Good luck buat kalian calon participant HCNA selanjutnya ~