...

Rabu, 13 Januari 2016

Cara Membuat Bootable USB untuk Windows Tanpa Software Khusus

Hai.
Salam sehat ya.. semoga semua yang membaca ini sehat dan bahagia selalu :)


Kali ini saya akan menjelaskan cara membuat bootable windows pada USB. Caranya gampang loh, kita gak perlu memakai software khusus yang harus diinstall terlebih dahulu pada PC kita. Karena kita cukup menggunakan CMD (command prompt). So, cekidot...

Pertama yang harus kita siapkan antara lain:

  1. Flashdisk atau harddisk minimal 8GB
  2. File Windows 7/8/8.1/10 dalam format ISO
  3. Software WinRAR (semua PC pasti udah keinstall WinRAR kan ya)


Gini nih tahapan pengerjaannya...Disimak baik-baik yaa

  1. Buka command prompt (CMD) pada PC kalian, bisa lewat tools Run (CTRL + R) trus ketik 'cmd', ATAU klik kanan pada logo Windows di pojok kiri bawah jendela desktop dan plih command prompt.
  2. Selanjutnya, ketik 'diskpart' lalu ENTER. Maka akan muncul pop up izin pengaksesan diskpart, pilih YES dan akan muncul jendela baru (jendela diskpart).
  3. Ketik 'disk list' untuk mencari tahu USB yang akan kita jadikan bootable USB diaggap sebagai nomor disk ke-berapa oleh PC kita. Cara mengeceknya adalah dari ukuran/kapasitas flaskdisk yang kita miliki.
  4. Kemudian, kelik 'select disk X'. X adalah nomor disk sesuai dengan flashdisk kita, misalkan jika flaskdisk kita dianggap sebagai Disk 1 oleh PC, maka ketiklah 'select disk 1', dst.
  5. Ketik 'clean' untuk memformat flashdisk yang kita gunakan.
  6. Ketik 'create partition primary' untuk membuat partisi utama pada flashdisk.
  7. Berikutnya, ketik 'select partition 1' karena hanya ada 1 buah partisi (yaitu partisi primer).
  8. Ketik 'active'.
  9. Langkah selanjutnya disesuaikan dengan format disk, apakah NTFS atau FAT 32. Jika NTFS maka ketik 'format fs=ntfs quick' , sedangkan jika FAT 32 maka ketik 'format fs=fat32 quick'.
  10. Ketik 'assign' dan akan muncul jendela baru dari isi pada flashdisk kita, menandakan bahwa flashdisk sudah siap diisi dengan file windows.
  11. Ketik 'exit'.
  12. Selanjutnya, pada file windows berekstensi ISO yang kita milliki, lakukan klik kanan dan pilih 'extract files'. Arahkan proses ekstraksi pada flashdisk yang akan menjadi bootable USB, klik OK.
  13. Dan proses pun berjalan. Selesai.

Pada contoh hasil screenshot di bawah ini, saya menggunakan flashdisk 4GB (hanya sebagai contoh, tapi ingat minimal kapasitas flashdisk yang dapat digunakan adalah 8GB) dan memilih Disk 2 sebagai tujuan perangkat yang akan menjadi bootable.

Ketik 'diskpart' pada CMD

Lakukan sesuai langkah yang dijelaskan sebelumnya

Pada file ISO windows, Klik kanan dan pilih Extract Files
Tujukan direktori ekstraksi windows ISO pada flashdisk yang akan digunakan


Terimakasih.
Semoga Ilmunya bermanfaat ya teman-teman :)